Connect with us

Apa Kabar INDONESIA

DAU Alami Kenaikan Tamuntuan Meminta Kepala Perangkat Daerah Dan Jajaran Agar Selalu Optimalkan Program

Regional IV Sulut

Published

on

Diperhadapkan dengan keberadaan anggaran yang terbatas untuk Tahun 2023, dimana untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe mengalami penurunan Transfer Keuangan Daerah (TKD) dari APBN ke APBD menjadi Rp. 769.956.825.000 (tujuh ratus enam puluh sembilan milyar sembilan ratus lima puluh enam juta delapan ratus dua puluh lima ribu rupiah).

Dari rincian dana transfer Pemerintah Pusat ke Kabupaten Kepulauan Sangihe sebenarnya ada yang mengalami kenaikan yakni untuk Dana Alokasi Umum (DAU) dimana kenaikannya sebesar Rp. 17.295.341.000 (tujuh belas miliar dua ratus sembilan puluh lima juta tiga ratus empat puluh satu ribu rupiah) dibandingkan tahun 2022 sehingga menjadi Rp. 511.447.930.000 ( lima ratus sebelas miliar empat ratus empat puluh tujuh juta sembilan ratus tiga puluh ribu rupiah), namun untuk tahun 2023 terdapat kebijakan fiskal terkait Peraturan Menteri Keuangan Nomor 212/PMK.07/2022 tentang Indikator Tingkat Kinerja Daerah dan Ketentuan Umum Bagian Dana Alokasi Umum yang Ditentukan Penggunaannya Tahun Anggaran 2023. DAU peruntukan yang dimaksud adalah untuk bidang pendidikan, kesehatan, PUPR, Kelurahan dan PPPK.

Sedangkan untuk DAU Bebas Pemerintah Daerah dibebankan dengan kewajiban untuk membayar hutang PEN, dimana untuk tahun 2023 kewajiban yang dibayarkan adalah bunga hutang sebesar Rp.12.540.086.153 (dua belas miliar lima ratus empat puluh juta delapan puluh enam ribu seratus lima puluh tiga rupiah), sedangkan untuk tahun 2024 nantinya akan mulai membayar kewajiban pokok ditambah dengan bunga pinjaman.

Disamping itu dalam persiapan menghadapi Pemilu dan Pilkada tahun 2024 maka untuk tahun anggaran 2023 Pemdapun diwajibkan untuk mengalokasikan dana sebesar Rp. 15.000.000.000 (lima belas miliar rupiah).

Menghadapi kondisi keuangan tersebut, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan tidak diam saja. Beliau mengajak semua Perangkat Daerah dan Unit Kerja untuk dapat memanfaatkan dengan optimal anggaran 2023 dengan memprioritaskan program kerja yang mensejahterakan masyarakat. Disamping itu di awal tahun 2023 dr. Rinny Tamuntuan langsung gencar melakukan lobi atau pengusulan permintaan daerah agar berbagai program kegiatan Pemerintah Pusat dapat menyentuh masyarakat yang ada di daerah perbatasan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Beberapa lobi yang telah dilakukan yakni :
1. Mengusulkan pengalihan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jamkesda ke PBI APBN Kabupaten Kepulauan Sangihe Tahun 2023 melalui Kementerian Sosial RI di Jakarta pada Senin, 9 Januari 2023, sehingga dengan dialihkannya PBI dengan anggaran APBN maka anggaran yang semula digunakan untuk Jamkesda dapat dialihkan Pemda untuk kebutuhan lainnya.
2. Mengajukan beberapa proposal ke Badan Pangan Nasional RI terkait ketahanan pangan daerah pada Senin, 9 Januari 2023. Hal ini juga dilakukan dalam rangka menghindari terjadinya kerawanan pangan daerah di tengah isu krisis pangan yang mungkin saja terjadi di Indonesia tahun 2023.
3. Menyampaikan permintaan ke Kementerian Perhubungan RI terkait kontinuitas Tol Laut untuk menghindari terjadinya inflasi di Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2023, serta melakukan rapat bersama dengan Tim Kementerian Perhubungan RI dan PT. Pelni Pusat pada Selasa, 10 Januari 2023 terkait peluang kemudahan yang dapat diperoleh para pengusaha Sangihe melalui jalur laut untuk mengangkut bahan pokok dan material lainnya, sehingga dapat lebih efisien dalam hal waktu dan biaya. Disamping itu Penjabat Bupati tetap meminta agar jalur transportasi yang menghubungkan pulau-pulau perbatasan dapat lebih ditingkatkan dalam hal kelancaran operasional, sehingga hal inipun tidak akan mengganggu stabilitas ekonomi sosial masyarakat yang ada di perbatasan.

Tamuntuan mengatakan, “Di tahun 2022 kita sudah mencatat berbagai capaian melalui program kerja yang ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat, namun masih banyak pula kebutuhan masyarakat yang harus kita perjuangkan, maka untuk tahun 2023 sekalipun dengan anggaran yang lebih sedikit namun tidak menyurutkan semangat Pemerintah untuk memperjuangkan kesejahteraan yang berhak dimiliki oleh masyarakat Sangihe, karena itu Tamuntuan meminta kepada para Kepala Perangkat Daerah dan segenap jajaran di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe agar selalu optimal dalam pelaksanaan program kerja dan aktif melahirkan berbagai inovasi agar kita tidak hanya terpaku pada besar kecilnya anggaran yang ditransfer oleh Pemerintah Pusat.
Kita punya Sumber Daya Alam yang menjadi kekayaan dan berbagai peluang untuk dapat kita jadikan sumber Pendapatan Asli Daerah. Saya minta kita semua dapat jeli dan bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja tuntas untuk Sangihe yang lebih, maju, sejahtera dan berkualitas. Ucap Tamuntuan.

(Ds)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You TUBE Channel Today TV INDONESIA https://www.youtube.com/channel/UCDp5jD_-6QSoMP7mlzEfOkQ

Apa Kabar INDONESIA

Hut Daerah Sangihe Ke 598 Pemda Dan Masyarakat Sukseskan Upacara Adat Tulude

Regional IV Sulut

Published

on

Upacara adat Tulude dan rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Kepulauan Sangihe ke 598 Tahun yang dilaksanakan di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo Kepulauan Sangihe (pendopo rumah jabatan Bupati Sangihe) yang berlokasi di Kelurahan Tona 2, Kecamatan Tahuna Timur, Selasa 31 Januari 2023.

Perayaan Pesta Adat Tulude di HUT Daerah Sangihe Ke-598 diisi berbagai penampilan seni dan budaya yang menjadi ciri khas masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Seperti Menahulending, Pemotongan Kue Tamo, Tari Gunde, Tari Perang Salo, Musik Bambu, Masamper dan pertunjukan seni budaya lainnya yang sengaja ditampilkan untuk memeriahkan acara.

Diketahui Upacara Adat Tulude 2023 Kabupaten Kepulauan Sangihe bertemakan, Su Ralungu Kalokosi Ghenggonalangi Ruatang Saruluang I Kite Makahombang Toghase Tumatengo Kulidalangu Pebawiahe Su Taung Dua Hiwu Duampulo Telu (Dalam Dekapan Kasih Tuhan Kita Beroleh Kekuatan Menghadapi Tantangan Kehidupan di Tahun 2023) serta Sub Tema; Manguadipe Petatahendung Pananara Kararatuangu Tampungang Lawo Ka Limahasu Siompulo Ualu Su Taunge, Dingangu Hundugy Munara Tulude Su Elo Ka Telumpulo Esane Su Wulangu Hiabe Taung Dua Hiwu Duampulo Telu, I Kite Menikile Kasasembaukang, Mase Sengkapesunduang Mapaleta U Tampungang Lawo Nahengkeng, Mawatuge Dingangu Malunsemahe (Melalui Perayaan Ulang Tahun Daerah Kepulauan Sangihe ke 598 dan Upacara Adat Tulude 31 Januari tahun 2023 kita perkokoh genggaman tangan persatuan dan sinergitas produktivitas untuk Sangihe Maju, Hebat dan Sejahtera).

Hadir dalam perayaan tersebut Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Steven O.E. Kandouw; Direktur Ekonomi Kreatif Kemenpar Ri, Dirjen Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Dr.Ir. Kiki Yuliati Haryanto; Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan Silangen; Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, dr Andi Fransiscus Silangen; Komisaris Utama Bank SulutGo, Edwin Silangen; Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro,Drs. Jhon Palandung, M.Si ; Forkopimda Provinsi Sulut dan Kabupaten Sangihe.

Wakil Gubernur (Sulut) Drs.Steven Kandouw dalam sambutan menyampaikan selamat kepada Pemerintah kabupaten Sangihe dan seluruh masyarakat Sangihe atas pelaksanaan perayaan acara adat Tulude sekaligus peringatan HUT yang ke – 598.

“Atas nama Gubernur Sulawesi Utara bersama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, mengucapkan banyak selamat kepada pemerintah dan masyarakat kabupaten Kepulauan Sangihe.

Menurut wagub, perayaan adat Tulude ini memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat yang masih berpegang teguh pada nilai-nilai tradisional yang diwariskan oleh para leluhur.

“Hari ini kita masih boleh menyaksikan bagaimana tingginya adat dan peradaban masyarakat Kepulauan Sangihe, dengan ini kita boleh bersama-sama melaksanakan acara Tulude ini. Suatu acara yang sudah dilaksanakan secara turun-temurun selama ratusan tahun, yang sifatnya yang mengandung makna, yaitu sangat menginspirasi kita semua.

Kemudian Wagub, menjelaskan perihal intisari dari perayaan adat Tulude ini untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat di Tanah Tampungang Lawo ini.

“Substansi dari acara adat Tulude ini adalah, sebagai bentuk kontemplasi, introspeksi, evaluasi terhadap apa yang kita lakukan dan jalani selama tahun 2022 lalu, dan bagaimana kita akan menatap dan menjalani tahun 2023, ini agar mendapat pijakan-pijakan yang betul dalam menatap ke depan. Sehingga Tulude ini merupakan suatu contoh untuk kita selalu bersyukur dan sembari memohon ampun dan selalu meminta petunjuk kepada Tuhan. Ucap Kandouw .

LanjutĀ  PJ Bupati Sangihe dr. Rinny Tamuntuan juga menambahkan bahwa dalam Semangat Kebersamaan seiring dalam Penyelenggaraan Prosesi Upacara adat Tulude tahun 2023, Saya Mengajak Kepada kita Sekalian mengangkat Puji Kepada Tuhan i ghengonalangi Duata Saluruang Karena dalam Penyertaanya kita boleh bertemu dalam suasana yang penuh sukacita dan Berbahagia.

“Sukacita Pemerintah dan Seluruh Masyarakat Kabupaten Sangihe menjadi Semakin berganda dan Semarak karena momentum Syukur ini turut dihadiri Oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Oe Kandouw bersama Seluruh Forkopimda Provinsi beserta Seluruh Tamu Kehormatan baik dari Pusat Provinsi serta Kabupaten dan Kota lainya,”ucap Tamuntuan.

Karena itu atas Nama Pemerintah dan Komonitas
Masyarakat adat Kabupaten Kepulauan Sangihe Saya Menyampaikan Terimakasih dan Penghargaan bagi para tamu Kehormatan yang berkenan hadir menghadiri Undangan .

Semoga Kebersamaan yang terbangun pada kesempatan ini akan menjadi Sumber Informasi dan Memberi Motivasi dalam perjuangan berkelanjutan membangun masyarakat dan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Sebagai Pengawal Kedaulatan NKRI di Kawasan Nusantara.

Penyelenggaraan Upacara adat Tulude dilaksanakan setiap tahun seiring dengan Perjalanan Panjang Menyusuri Sejarah dan Eksistensi Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang digelar Setiap Akhir Bulan Januari bersamaan dengan hari Ulang Tahun Kabupaten Sangihe yang ke 598 tahun.

Upacara adat Tulude Sebenarnya mempunyai makna yang Sangat Mendalam dan Sakral, Didalamnya terkandung tiga hal yang penting yaitu mensyukuri Segala berkat dan Anugrah Tuhan disepanjang tahun yang telah berlalu, Memohon ampun atas Segala Kesalahan serta semua Dosa yang perna
dilakukan dalam perjalanan Waktu Menjalani hari hari Kehidupan di Sepanjang tahun yang Silam, menyerahkan dan bermohon pertolongan Tuhan dalam melanjutkan hidup dan Pengabdian ditahun yang baru yang sedang di jalani sekarang ini.

Dalam Konteks tersebut dan seiring dengan Tema Perayaan yang ke 598 tahun daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam dekapan Kasih Tuhan
Kita beroleh Kekuatan Menghadapi Tantangan pangan di tahun 2023, melalui Perayaan Ulang tahun yang ke 598 tahun dan Upacara adat tulude, kita perkokoh genggaman persatuan
Sinergitas, dan Pruduktifitas untuk Sangihe Maju dan Sejahtera maka upacara adat Tulude dilestarikan melalui nilai nilai luhur .

Dalam Semangat Pemerintah dan Masyarakat membangun daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe maka salah satu yang di gejot adalah pembangunan di Sektor Pariwisata, ada beberapa daerah yang diandalkan , Salah Satu yang menjadi Primadona adalah Under Wouter Volcano atau gunung api bawah laut, Banua Buhu yang menjadi Objek Snorkling dan Diving yang sering dikunjungi Oleh Wisatawan. UcapĀ  Tamuntuan.

(Ds)

 

Continue Reading

Apa Kabar INDONESIA

Rapat Paripurna Istimewa HUT Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ke 598 Sukses Dilaksanakan

Regional IV Sulut

Published

on

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe Josephus Kakondo .Rapat tersebutĀ  Dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Ketua DPRD provinsi Sulawesi Utara Franciscus Andi Silangen , Walikota Bitung Maurits Mantiri, Wabup Sitaro Jhon Palandung, Forkopimda Sulut, Forkopimda Sangihe, Anggota DPRD Sangihe, Pimpinan OPD Sangihe serta undangan penting lainnya.31/1/2023.

 

Ketua DPRD Sangihe Josephus Kakondo menyampaikan, pemerintah dan seluruh masyarakat Nusa Utara kembali diingatkan untuk menyerahkan hidup seutuhnya dalam dekapan dan kuasa Tuhan yang Maha kuasa, menghadapi tantangan dan ancaman duniawi yang sewaktu-waktu merusak tatanan kehidupan bermasyarakat.

Dengan tuntunan dan penyertaan Tuhan yang Maha kuasa maka pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat lebih kuat, tangguh dan optimistis, bersinergi mewujudkan Sangihe yang lebih hebat dan sejahtera.
limpah syukur atas tuntutan Tuhan yang Maha kuasa, bahwa hari ini Wagub Sulut bersama rombongan ada bersama masyarakat Sangihe. Sehingga apapun beban dan pergumulan yang tengah masyarakat hadapi akan terasa lebih ringan dengan kepedulian pemerintah Provinsi.

Kami meyakini bahwa apa yang terjadi di dunia merupakan kuasa dan peringatan serta hikmat dari Tuhan sang Pencipta langit dan bumi ucap ketua DPRD Sangihe.

Selanjutnya Pj Bupati dalam sambutannya, saat ini semuanya dapat bertemu di agenda rapat paripurna istimewa HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke-598.

Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Sangihe, bersama seluruh jajaran atas terselenggaranya agenda penting dan strategis ini,ā€ kata Tamuntuan.

Dijelaskan Pj Bupati, Dimomentum bahagia ini patut disyukuri karena dihari ini hadir Wagub Sulut Steven Kandouw.

ā€œSaat ini saya menyampaikan terimakasih atas perhatian serta dukungan dari pemerintah Provinsi Sulut, serta segenap pimpinan dan anggota, Forkopimda Sangihe, insan TNI/Polri, instansi vertikal serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sangihe. Sehingga Kabupaten Sangihe dapat terus berbenah dalam proses pembangunan,ā€ jelas Tamunya.

Dalam perjuangan bersama membangun Kabupaten Sangihe dijelaskannya pula, lembaga legislatif DPRD Sangihe memiliki peran yang sangat penting.

ā€œKarena itu kami patut memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Ketua dan Wakil ketua, bersama seluruh anggota DPRD Sangihe,ā€ ucapnya.

Lanjut Steven Kandouw menyampaikan, menjadi suatu kebanggaan dari pribadi dan Pemerintah Provinsi Sulut hadir bersama-sama untuk melaksanakan HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke-598.

ā€œDengan umur yang sudah mencapai 598 itu, bukanlah umur yang mudah, memiliki rekam jejak yang sangat luar biasa. Sehingga telah menghasilkan insan-insan Nusa Utara yang memiliki kiprah yang luar biasa,ucap Kandouw.

Diujung paripurna istimewa DPRD Sangihe tersebut, dilakukan penyerahan bantuan dari pemerintah Provinsi Sulut keada pemerintah Daerah Kepulauan Sangihe.

Selain itu juga kami temui, Kabag Persidangan Perundang undangan, dan Hubmas. mengenai persiapan kegian HUT Daerah Kabupaten kepulauan Sangihe Menjelaskan, Kami telah menyiapkan tempat ini dengan baik dan kami tetap berkoordinasi dengan pihak Pemda dalam menyiapkan tempat untuk kegiatan Paripurna istimewa ini.

Tempat terpisah Kabag Hukum Ronal Limiu menyampaikan terima kasih kesemua pihak bahwa kegiatan terlaksana dengan baik atau dukungan dan kerjasamanya walaupun ada keterlambatan waktu karena ada kegiatan lain yaitu peresmian gedung Polnustar, di Kecamatan Manganitu jadi ada keterlambatan jam, kami menyampaikan permohonan maaf kepada semua undangan yang hadir.” Tutup Ronald Lumiu,.SH

(Ds)

Continue Reading

Apa Kabar INDONESIA

Resmikan IGD Di Wilayah Utara, Tamuntuan Upayakan Bangun Rumah Sakit Di wilayah SelatanĀ 

Regional IV Sulut

Published

on

 

Sangihe -Todaytvindonesia.id – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr.Rinny Tamuntuan meresmikan fasilitas kesehatan pada Senin (30-01-2023).

Pada kesempatan tersebut Penjabat Bupati dr.Rinny Tamuntuan meresmikan fasilitas kesehatan, gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Liung Paduli di Desa Naha Kecamatan Tabukan Utara.

Turut hadir dalam acara ini, Direktur Rumah Sakit Liung Paduli, Direktur Rumah Sakit Liung Kendage, Kadis Kesehatan, Camat Tabukan Utara, Danramil Tabukan Utara, Kapolsek Tabukan Utara , Kapitalaung Desa Naha.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr.Rinny Tamuntuan menyampaikan pihaknya terus berupaya membenahi serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kepulauan Sangihe, baik dari segi infrastruktur maupun manajerialnya.

Ia mengatakan hal tersebut merupakan perwujudan pengabdian Pemerintah Kepulauan Sangihe yakni memberikan pelayanan kesehatan menuju masyarakat Sangihe yang sehat jasmani dan rohani serta meningkatkan SDM kesehatan.

“Ini adalah wujud pengabdian Pemerintah kepada masyarakat di bidang kesehatan karena pelayanan kesehatan adalah salah satu cerminan dari kinerja pemerintah daerah,” ucap Tamuntuan.

Tentunya dengan selesainya pembangunan IGD yang ada di Rumah Sakit Liung Paduli, tentunya juga kinerja dari Rumah Sakit Liung Paduli semakin baik, jadi pelayanan kesehatan di wilayah Utara ini tentunya akan semakin meningkat dengan peralatan fasilitas gedung yang lebih baik.

Tamuntuan berharap fasilitas kesehatan yang telah diresmikan ini bisa dipergunakan dengan baik dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Diharapkan juga untuk para dokter dan SDM disini akan bekerja lebih baik sesuai dengan fasilitas yang baik dan memadai dengan peralatan yang ada.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan untuk tahun ini Pemerintah akan berupaya membangun rumah sakit di wilayah selatan Kepulauan Sangihe.

“Memang untuk sekarang Rumah Sakit yang ada hanya di Ibu Kota Kabupaten dan Wilayah Utara. Tahun ini kami akan berupaya membangun Rumah Sakit Pratama di Wilayah selatan,” tutur Tamuntuan.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Liung Paduli dr.Polideng Dalawir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Penjabat Bupati dr.Rinny Tamuntuan dan memastikan akan meningkatkan pelayanan kesehatan untuk warga Sangihe khususnya di wilayah Utara Kepulauan Sangihe.

“Terima kasih kepada Penjabat Bupati dr.Rinny Tamuntuan yang telah meresmikan pembangunan IGD. Semoga dengan adanya dukungan dari semua pihak serta makin lengkapnya fasilitas yang dimiliki, Rumah Sakit Liung Paduli bisa segera menjadi Rumah Sakit kebanggaan masyarakat Kepulauan Sangihe khususnya masyarakat wilayah Utara dengan pelayanan terbaik” pungkasnya.
(Ds)

Continue Reading
Advertisement

Trending

%d blogger menyukai ini: