Connect with us

Apa Kabar INDONESIA

Pembuatan Kapal Bermodalkan Kemampuan yang Didapat Secara Autodidak

Avatar

Published

on

Ahmad,salah satu pembuat kapal yang mengaku mendapatkan ilmu membuat kapal secara otodidak(25/3)

Ahmad merupakan salah satu pembuat kapal kayu yang digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan di laut,dan sudah hampir sebulan Ahmad bersama ketiga temannya menggarap kapal kayu yang sebelumnya dipesan oleh nelayan setempat. Dengan kemampuan yang ia dapatkan secara otodidak, Ahmad dengan lihai nya mengamplas body kapal yang setengah jadi itu.

Ahmad mengungkapkan untuk membuat kapal membutuhkan waktu cukup lama yakni 1 sampai 1,5 bulan.namun terkadang proses pembuatan kapal tersebut dapat memakan waktu yang lebih lama apabila mengalami pemadaman listrik dan curah hujan yang tinggi.

“Biasanya butuh waktu 1,5 bulan untuk menyelesaikan satu kapal. Namun jika terkendala hujan dan listrik bisa lebih lama,” ungkap Ahmad(25/3).

Untuk membuat kapal tersebut,Ahmad menggunakan kayu mentru untuk body kapal, dan kayu bungur untuk tulang kapal. Hampir semua bahan didatangkan langsung dari Lahat, Sumatera Selatan.

“Ini sudah setengah jadi. Awalnya kalau saya buat itu bagian bawah kapal, lalu tajuk. Kemudian body kapal separuh, baru tulang, dilanjutkan body lagi. Setelah itu pemasangan kamar,” ujarnya.

Ahmad juga menambahkan,untuk membuat kapal berkapasitas 30 gross ton tersebut,membutuhkan dana yang tidak sedikit,yakni kisaran Rp300 juta. Sementara untuk ketahanan bisa mencapai 20 tahun,tergantung pada perawatannya.

“Kapal itu harus rajin dicat minimal 2 bulan sekali, dan dipasak (dimasukkan tali pada sambungan), lalu didempul agar tidak bocor,” jelasnya.

Bermodalkan kemampuan yang ia pelajari secara otodidak, kini Ahmad sering mendapatkan panggilan untuk membuat kapal. Tak hanya di Pulau Pasaran, ia juga membuat kapal di Jawa, Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu ahmad juga mengaku bahwa selain terkendala masalah listrik dan hujan,masalah perijinan juga menjadi kendala bagi ahmad dalam pembuatan kapal.

“Biasanya permasalahan pembuatan kapal itu lama dalam proses persuratan, karena kapal yang dibuat bukan kapal nelayan, tapi masuk ke kapal angkutan. Jadi harapannya proses pengurusan surat bisa dipermudah,” ujarnya.(Ska)

  • Ahmad,salah satu pembuat kapal yang mengaku mendapatkan ilmu membuat kapak secara otodidak(25/3)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You TUBE Channel Today TV INDONESIA https://www.youtube.com/channel/UCDp5jD_-6QSoMP7mlzEfOkQ

Apa Kabar INDONESIA

PEMKOT BITUNG TANDA TANGAN MOU JADIKAN KOTA DIGITAL

Regional IV Sulut

Published

on

Pemerintah Kota Bitung Melaksanakan Penandatangan MoU dengan Pengadilan Kota Bitung. (Kamis 8/9/2022).


Wali Kota menyampaikan terima kasih atas kerja kolaborasi dari semua pihak dalam membangun sistem Digitaliasi. Dalam sebulan ini ada beberapa Program yang sudah digagas dalam percepatan pelayanan kepada masyarakat.Tujuan diadakannya kegiatan ini menurut Pengadilan Negeri Bitung adalah selain meningkatkan pelayan masyarakat, juga sebagai kolaborasi demi menunjang program pemerintah Kota Bitung menjadikan Bitung sebagai Kota Digital. Pihak Pengadilan Negeri Bitung pun mulai akan membuka ruang konsultasi langsung kepada masyarakat seperti program Ruang Sepakat yang dibuat oleh Pemerintah Kota Bitung.

Dalam Kegiatan ini, dilakukan penanda tanganan Perjanjian Kerjasama bersama Dinas Perspustakaan Kota Bitung yaitu Kerjasama Pembuatan Pojok Baca Di Kantor Pengadilan Negeri/Perikanan Bitung, serta Penandatangan MoU Pemkot Bitung Dan Pengadilan Kota Bitung tentang Penggunaan Aplikasi Eraterang Mahkamah Agung RI Dalam Membetikan Pelayanan Permohonan Surat Keterangan Secara Elektronik Pada Pengadilan Negeri dan Pengembangan BersamaAplikasi “Si PDKT Kota Bitung” Untuk Layanan Bagi Masyarakat Kota Bitung Yang Membutuhkan Putusan/Penetapan Pengadilan Negeri/Perikanan Bitung Secara Elektronik.

Hadir dalam kegiatan tersebut, wali kota bitung bersama jajaran pemkot bitung, ketua pengadilan negeri bitung bersama jajaran.(ds)

Continue Reading

Apa Kabar INDONESIA

Wali Kota Bitung Ir.Maurits Mantiri Mengharapkan Pendidikan Terus Meningkat

Regional IV Sulut

Published

on

Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, M.M menghadiri Dies Natalies SMK N 1 Bitung Ke 57 Tahun.
Dalam sambutanya, Walikota mengatakan Rata-rata Harapan lama sekolah kita sesuai data statistik yaitu 8 – 9 Tahun artinya baru SMP, dan jangan heran kalau tingkat kenakalan remaja di Kota Bitung cukup tinggi. Dikarenakan kurang lebih ada sekitar 56% yang tingkat pendidikannya hanya sampai SMP dan Ini menjadi tantangan untuk kita semua.

Hari ini Pemerintah sedang melaksanakan JOB Fair yang dilaksanakan di Lingkungan Kantor WaliKota Bitung. Dimana ada sekitar kurang lebih 400 Posisi yang dibutuhkan oleh Perusahaan-Perusahaan di Kota Bitung. Syarat minimun harus berijazah SMA, dan sudah pasti 56% angka tamatan SMP ini tidak bisa mengikutinya. Untuk itulah Pemerintah Kota Bitung sementara melaksanakan penyetaraan Ijazah untuk bisa sampai ke tamatan SMA. Berbagai program belajar terus digenjot demi meningkatknya sumber daya manusia di kota bitung.

Program kelompok belajar disetiap lingkungan sudah mulai dilakukan dan saat ini ada sekitar 17 kelompok belajar yang aktif dan melakukannya secara online di Kota Bitung. Program-prorgam seperti inilah yang diharapkan agar mutu pendidikan di Kota Bitung terus meningkat. Hadir Dalam Kegiatan, asisten I, sekretaris dinas pendidikan, kepala cabang sma/smk bitung minut, camat maesa, Para Alumni SMK N. 1 Bitung mantan kepala sekolah serta Para Guru dan seluruh Siswa SMK N. 1 Bitung. (Ds)

Continue Reading

Apa Kabar INDONESIA

Pemkot Bitung Himbau Disiplin Dalam Membuang Sampah

Regional IV Sulut

Published

on

Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, M.M melaunching Bank Sampah Bersama Gerakan Anti Sampah Plastik (GASPAK) yang bertempat di Kelurahan Bitung Barat Satu.(Senin 29/8/2022).

Wali Kota dalam sambutanya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bitung mengharapkan program-program seperti ini yang digagas oleh masyarakat. Ketika masyarakat tumbuh bersama-sama dengan Pemerintah itu artinya Kolaborasi lapangan sudah berjalan. Pemerintah Kota Bitung mengucapkan terima kasih kepada pihak pertamina yang tanggap akan hal-hal demikian.

Kami juga mengharapkan kerjasama dengan Pihak-pihak yang beraktifitas di Kota Bitung, seperti Rumah tinggal layak huni, yang dilakukan oleh Dandim 1310 Bitung bersama Dinas Sosial, bahkan ada Program dari Pegadaian tentang sampah bisa ditukar emas yang bisa meningkatkan perekonomian rumah tangga. Bicara soal sampah ini bukan hanya urusan Pemerintah Kota Bitung, namun menjadi urusan bersama, Pemerintah Kota Bitung terus berupaya agar permasalahan sampah bisa diatasi, kami terus mengkampanyekan untuk tetap Disiplin dalam membuang sampah.

Selanjutnya, Pihak Pertamina Patra Niaga Intergrated Terminal Bitung mengatakan bahwa, sangat berkomitmen dengan program yang saat ini digagas komunitas Kota Bitung, yaitu untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di lingkungan kita. Program kali ini Pertamina Patra Niaga Intergrated Terminal Bitung mengeluarkan CSR Bank Sampah Gaspak, Harapanya ini dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh teman-teman kelompok yang ada sehingga memberikan daya guna kepada masyarakat. Tiga (3) Program yang sudah dijalankan antara lain, Kelompok Tani Hidroponik, Kampung Tanggap Bencana, Kelompok Gaspak.

Harapanya dengan Program-program yang ada, Kita dapat saling besinergi, untuk bisa sama-sama menjaga lingkungan, dan memberikan manfaat untuk Kota Bitung. Hadir Dalam Kegiatan, Unsur Forkopimda Kota Bitung ; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Merianti Dumbela,S.E., MAP ; Manager Pertamina Patra Niaga Intergrated Terminal Bitung Rudi Mahenra ; Camat dan Lurah Bitung Barat satu ; Pengurus Kelompok Bank Sampah GASPAK.(Ds)

Continue Reading
Advertisement

Trending

%d blogger menyukai ini: