Connect with us

Tak Berkategori

Memasuki Tahun Politik, Ada Dugaan Nepotisme Dalam Pemelihan Panwascam

Published

on

Bandar Lampung : Adanya Indikasi kecurangan dalam pelaksanaan rekrutmen Panwascam Kota Bandar Lampung, Tim Lampung Memantau menduga ada unsur nepotisme terkait hal tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Yan Barusal selaku Ketua Tim Lampung Memantau ketika melakukan konferensi pers bersama awak media, Kamis (2/1/2020).

 “Dalam proses rekrutmen tersebut, kami menemukan ada dugaan indikasi kecurangan yaitu nepotisme di dalam pelaksanaannya,” ungkapnya.

Tahapan demi tahapan telah dilakukan oleh Bawaslu Kota Bandar Lampung mulai dari sosialisasi, pendaftaran, tes tertulis, wawancara dan berakhir pada pengumuman  tanggal 14 Desember 2019 dan pelantikan tanggal 20-21 Desember 2019.

Sedangkan, indikasi jelas bahwa salah satunya di Kecamatan Sukarame ditemukan fakta bahwa yang terpilih menjadi panwascam itu kakak kandung dari salah satu Bawaslu Provinsi Lampung.

“Sementara dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 itu memuat bahwa tidak diperbolehkannya ada ikatan perkawinan,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa ini juga berdasarkan interpretasinya bahwa ikatan perkawinan juga memuat saudara kandung juga.

“Jadi dikhawatirkan dalam praktik kerja panwascam atau bawaslu dalam menjalankan penyelenggaraan itu juga terdapat konflik kepentingan atau konflik interes di dalamnya,” tuturnya.

Kemudian di dalam hal tersebut, pihaknya juga menemukan dugaan penyelenggara pemilu dalam melakukan seleksi tidak memenuhi asas penyelenggara.

Atau yang termaktub dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 Bab II Pasal 2 & 3 Asas dan Prinsip Penyelenggaraan Pemilu memuat di dalamnya ada profesionalitas, proporsional, mandiri, dan lain-lain.

“Nah di dalamnya bisa dicek sama-sama ada 11 prinsip yang harus dijalankan oleh setiap penyelenggara pemilu,” paparnya.

Yan mengaku dalam penelusuran membentuk tim investigasi dan menemukan bukti yang kuat baik bentuknya formil ataupun materiil.

“Itu adanya kecurangan tersebut yakni ada kongkalikong di dalamnya.
Maka kami menuntut sebanyak empat tuntutan yang diajukan,” bebernya.

Keempat tuntutan tersebut yaitu pertama, meminta Bawaslu Kota Bandar Lampung menyampaikan kepada publik hasil seleksi rekrutmen baik nilai tertulis maupun mempublikasikan video wawancaranya.

Kedua, meminta Bawaslu Provinsi Lampung segera mengevaluasi dan mengambil sikap atas dugaan tersebut.

“Ketiga, dalam upaya mengawal kasus tersebut Lampung Memantau akan melakukan aksi unjuk rasa. Baik di Bawaslu Provinsi Lampung ataupun Bawaslu RI,” katanya.

Dan yang terakhir, pihaknya akan melaporkan hal ini ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) dengan menyerahkan bukti yang ditemukan agar mendapatkan sanksi tegas dari DKPP bila terbukti.

“Harapannya, hal ini diangkat dengan tujuan agar dalam pelaksanaan penyelenggara tidak menuai konflik dan masyarakat tetap kondusif serta tetap percaya kepada lembaga negara dalam hal ini bawaslu,” pungkasnya. (RA)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You TUBE Channel Today TV INDONESIA https://www.youtube.com/channel/UCDp5jD_-6QSoMP7mlzEfOkQ

Tak Berkategori

Bupati Jabes Hadiri Peresmian Gedung Kantor Station PSDKP Tahuna

Published

on

Kepulauan Sangihe – Sulawesi Utara : Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana,SE,ME dan beberapa kepala opd menghadiri peresmian gedung kantor station PSDKP Tahuna yang langsung diresmikan oleh Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Laksda TNI Adin Nurawaluddin,M.Han Rabu ( 24/11/2021).

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita oleh Dirjen PSDKP yang juga di dampingi Bupati Gaghana, komandan pangkalan PSDK dari beberapa daerah,.

Dalam sambutannya, Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan, manfaat PSDKP yang ada di Tahuna memberikan nilai tambah bagi pemerintah, masyarakat nelayan.

Sementara itu Adin Nurawaluddin,M.Han mengingatkan betapa pentingnya peran pengawasan sumber kelautan dan perikanan dalam pembangunan. Dan perikanan harus menjadi benteng dalam mengawal seluruh terobosan kementrian kelautan dan perikanan.

Regional IV Sulawesi Utara Darwis Saselah Melaporkan

Continue Reading

Tak Berkategori

Peran Tokoh Agama di Sangihe Sangat Penting

Published

on

Kepulauan Sangihe – Sulawesi Utara : Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana secara simbolis memberikan bantuan dan insentif kepada para tokoh agama sebagai penunjang kegiatan pelayanan terhadap masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan, peran tokoh lintas agama memiliki peran penting untuk pembangunan di Kepulauan Sangihe.

Selain itu, peran tokoh lintas agama sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Sangihe.

Regional IV Sulawesi Darwis Saselah Melaporkan

Continue Reading

Tak Berkategori

SAH, Rafiq Lamalaka Terpilih Jadi Kepala Desa Iyok

Published

on

Kabupaten Bolaang Mongodow – Sulawesi Utara : Setelah melalui proses dan perjuangan yang panjang serta berliku, akhirnya pemilihan kepala Desa Iyok Kecamatan Bolangitan Barat Kabupaten Bolaang Mongodow Utara selesai di laksanakan.

Dalam pemilihan yang di gelar di desa setempat, secara sah Rafiq Lamalaka terpilih menjadi Kepala Desa Iyok mengalahkan calon kades petahana Idhan Halid Pontoh.

Dalam wawancara khususnya kepada Reporter Today TV Indonesia, Achmad Massie, Idhan Halid Pontoh mengaku senang dengan terpilihnya Rafiq Lamalaka sebagai Kepala Desa Iyok. Dan ia berjanji akan mensupport penuh program kepala desa terpilih.

Sementara itu, Rafiq Lamalaka Kepala Desa terpilih Desa Iyok mengaku akan menjalankan visi dan misinya. Dan berjanji akan bersinergi dengan pemerintah daerah serta mengedepankan pelayanan kepada warganya.

Regional IV Sulawesi Utara Achmad Massie Melaporkan

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: